Prinsip Animasi

Dalam Artikel kali ini, kita akan membahas prinsip animasi

by ZakiGoBlog


1. Solid Drawing


Prinsip solid drawing adalah kemampuan untuk menggambar karakter dalam berbagai sudut pengambilan gambar sehingga karakter tersebut terlihat bervolume dan konsisten dalam setiap frame animasi.

Semua atribut yang ada pada karakter tersebut tetap konsisten bentuk dan letaknya. Prinsip ini lebih menekankan pada bagaimana karakter tersebut bisa dengan baik dianimasikan dalam ruang 3D.





2. Squash and Stretch


Prinsip animasi yang pertama ini adalah prinsip yang berfungsi untuk membuat ilusi seberapa keras permukaan sebuah benda. Squash and strecth merupakan upaya penambahan efek lentur (plastis) pada objek atau figur sehingga seolah-olah ‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga memberikan efek gerak yang lebih hidup.


3. Anticipation

Prinsip anticipation merupakan prinsip dimana kita sebagai animator memberikan tanda untuk penonton mengenai apa yang akan terjadi pada karakter. Prinsip ini biasa digunakan sebagai transisi dari 2 major actions. Contoh diantara posisi berdiri dan berlari.


4. Timing and Spacing

Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, sementara spacing adalah tentang menentukan percepatan dan perlambatan dari bermacam-macam jenis gerak.


5. Slow in and Slow out

Slow In dan Slow Out menegaskan kembali bahwa setiap gerakan memiliki percepatan dan perlambatan yang berbeda-beda. Slow in terjadi jika sebuah gerakan diawali secara lambat kemudian menjadi cepat. Slow outterjadi jika sebuah gerakan yang relatif cepat kemudian melambat. Contoh: Dalam gerakan misalnya mengambil gelas.

6. Arcs

Arcs juga merupakan prinsip dasar animasi yang memberi kesan alami karena gerakan karakter seperti manusia dan hewan bergerak membentuk pola. Dengan prinsip arcs ini,selain terlihat alami,gerak animasi juga akan terlihat lebih smooth dan lebih realistik.


7. Secondary Action.

Secondary Action adalah gerakan-gerakan tambahan yang dimaksud untuk memperkuat gerakan utama sehingga sebuah animasi lebih realistis.


8. Follow Trhough and Overlaping Action

Follow Through adalah gerakan akhiran sebuah aksi. tetapi yang lain, seperti lengan, rambut panjang, pakaian, dll, masih bergerak dalam beberapa frame. Overlapping Action yaitu serangkaian gerakan yang tidak dimulai secara berbarengan.





Sekian dari saya. Saya sangat menghargai anda semua yang sudah berkujung dan membaca artikel yang telah saya buat. Silahkan tinggalkan jejak anda dalam Website ini. Sampai jumpa di artikel lainnya

Sumber dan Refrensi dari artikel ini :












Komentar

Popular Posts

Animasi 3D